Virus Jahanam - DESEMBER 26 FILM

September 06, 2007

Virus Jahanam

Jika Anda pernah berpuasa, ketika tiba saat berbuka ada orang yang merebut es campur siap santap di depan Anda, kira-kira begitulah rasanya ketika lebih dari sebulan saya menghabiskan waktu untuk mengedit DECEMBER’26, lalu virus sialan itu datang menghancurkan semua jerih payah saya yang sudah 95% siap tayang. Film yang rencananya kami putar di HUT Kemerdekaan RI dan beberapa Festival Film itu pun gagal kita wujudkan.

Purna (Asst. Editor) sudah empot-empotan ke sana/ke mari tapi mentok, lalu mentok lagi. Viko dan Aryo (produser) pun sempat mencari dan memberikan beberapa nama teknisi handal untuk memperbaiki hardisk 250 GB itu. Walhasil, lebih dari 5 orang teknisi yang mencoba merecovery data-data itu, semuanya menyerah, semuanya pasrah. Saya pun gundah.... Ah... Sudahlah... Hahh...!

Saya sempat give up. Teman-teman crew dan pemain tak henti-hentinya menghujani saya dengan pertanyaan seputar kapan, kapan dan kapan. Ulin (Casting Director), Yousep (UPM) dan Maria (Talent Coordinator) juga menjadi target berondongan pertanyaan itu dari para pemain sebelum mereka bertiga akhirnya memberondong saya.

Lalu saya discuss sama Arief (1st Ad), Ujel (DOP) dan Viko, terakhir ketemu Aryo di Own. Akhirnya kami putuskan untuk mengedit ulang December’26 dengan segera.

Well, berat memang untuk mengembalikan mood yang sempat terjungkal 360 degrees ke arah medan grafitasi. Yah, tapi mana ada yang berkehendak ada musibah seperti itu. Kalaupun ada, dialah pembuat virus sialan itu. Maka dengan ini saya doakan supaya dia cepat bertobat dan diampuni semua dosa-dosanya. Amiin...

Perjuangan baru pun dimulai. Saya harus meyakinkan diri sendiri dengan mencari berbagai metode tersenyum yang paling manis untuk memulainya, hehe... Saya sadar, senyum yang tulus itu seringkali bersembunyi dibalik resiko-resiko besar yang kadang menjengkelkan.

So, tetap semuangaaaaaat...!!!